Kategori
Pets

Ternyata Hewan Ini Berbeda dengan yang Lainnya

Sering Salah Kira, Ternyata Hewan Ini Berbeda dengan yang Lainnya

Ternyata Hewan Ini Berbeda dengan yang Lainnya – Kamu mungkin pernah melihat hewan yang memiliki kemiripan, misalnya saja anjing dan serigala. Namun ternyata dua binatang itu sangat berbeda, bahkan jenis binatang yang sangat bertolak belakang.

Keanekaragaman alam yang tersebar di seluruh penjuru dunia memang menyimpan berbagai fakta menarik yang pastinya bakal membuat siapa pun takjub setelah mengetahuinya.

Salah satu hal menarik dari Daftar IDN Poker keanekaragaman alam tersebut adalah banyaknya jenis hewan yang mirip dengan hewan lain, padahal sebenarnya mereka berbeda jenis. Tentunya kemiripan tersebut membuat kebanyakan orang kesulitan membedakan hewan-hewan tersebut dan malah menyebabkan kebingungan tersendiri.

Nah, di antara banyaknya hewan-hewan yang nampak mirip dengan hewan lain, penulis akan merangkumkan hewan yang sekilas nampak mirip dengan hewan lain, padahal sebenarnya mereka berbeda. Dijamin, kalian pun pasti akan kesulitan untuk membedakan hewan-hewan ini ketika pertama kali melihatnya. Penasaran? Yuk simak artikel berikut ini!

Singa laut dengan anjing laut

Jika dilihat sekilas, sulit membedakan mana singa laut dan anjing laut. Padahal kedua hewan ini memiliki cukup banyak perbedaan mulai dari anatomi tubuh hingga perilakunya.

Menurut laman Britannica, perbedaan anatomi tubuh antara kedua hewan ini terletak pada telinga dan sirip di tubuhnya. Singa laut memiliki telinga luar yang menonjol di kepalanya, sedangkan anjing laut tidak memilikinya. Singa laut juga memiliki sirip yang lebih panjang sehingga mereka bisa berjalan ketika di darat, sedangkan anjing laut punya sirip yane lebih pendek sehingga membuatnya harus melompat-lompat dengan perut ketika berada di daratan.

Untuk perilakunya, singa laut cenderung lebih berisik sebab mereka berkomunikasi dengan gonggongan atau bunyi keras, sedangkan anjing laut hanya mendengus lembut untuk berkomunikasi.

Hyena dengan anjing

Pertama kali melihat hyena, pikiran kita mungkin akan langsung mengatakan bahwa mereka merupakan hewan yang masih berkerabat dekat dengan anjing. Sebab, perawakan dari hyena memang benar-benar menyerupai seekor anjing.

Akan tetapi, menurut laman National Geographic, meskipun perawakannya mirip seperti anjing, hyena justru memiliki relasi lebih dekat dengan keluarga kucing. Akan tetapi, bukan berarti mereka sejenis kucing. Hyena memiliki keluarga sendiri yang disebut Hyaeninae sehingga mereka merupakan hewan yang terpisah dari anjing dan kucing.

Hyena juga memiliki cara hidup yang unik di mana mereka berkelompok dalam jumlah besar dan kelompok itu dipimpin oleh betina yang dominan. Selain itu, kekuatan gigi mereka juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Gigi-gigi dari hyena bahkan mampu menghancurkan tulang-tulang dari mangsanya, lho!

Jaguar dengan macan tutul

Sama-sama bertotol dan hidup menyendiri membuat banyak orang mengira kalau jaguar dan macan tutul adalah hewan yang sama. Padahal, terdapat banyak perbedaan di antara keduanya.

Dilansir dari laman signalherp.com, perbedaan utama dari keduanya adalah ukuran jaguar jauh lebih besar dari macan tutul. Taring dari jaguar juga jauh lebih besar dan kuat dari saudaranya.

Bentuk totol dari keduanya pun berbeda. Totol pada jaguar lebih sedikit, namun lebih besar dan menyerupai kelopak bunga, sedangkan totol dari macan tutul lebih rapat dan banyak jumlahnya. Selain itu, jaguar hanya ditemukan di Amerika Selatan, sedangkan macan tutul tersebar di sejumlah negara di benua Afrika dan Asia.

Aligator dengan buaya

Memiliki perawakan yang benar-benar mirip menjadi alasan mengapa masih banyak orang yang kesulitan untuk membedakan aligator dengan buaya. Padahal jika diamati dengan saksama, penampilan kedua hewan ini sebenarnya sangat berbeda, lho.

Dilansir dari laman Britannica, moncong pada aligator berbentuk huruf “U”, sedangkan buaya lebih berbentuk “V”. Selain itu, jika moncongnya sedang menutup, gigi dari aligator akan tersembunyi dan nampak seperti tersenyum, sedangkan pada buaya akan tetap terlihat dan nampak garang.

Warna tubuh keduanya pun berbeda. Aligator berwarna lebih gelap atau kehitaman, sedangkan buaya lebih berwarna hijau zaitun atau kecokelatan. Untuk perilakunya sendiri, aligator cenderung lebih pasif jika dibandingkan dengan buaya yang lebih agresif.

Kera dengan monyet

Kedua hewan cerdas yang satu ini pun tak jarang dianggap hewan yang sama. Kendati demikian, terdapat cukup banyak perbedaan mencolok antara kera dengan monyet.

Menurut laman Britannica, perbedaan mendasar dari keduanya adalah kera tidak memiliki ekor, sedangkan kebanyakan spesies monyet memilikinya. Umumnya kera memiliki dada yang lebih lebar dan berukuran tubuh lebih besar ketimbang monyet. Kera juga memiliki sendi bahu yang berfungsi untuk berayun di antara dahan, sedangkan monyet lebih memilih berlari diantara dahan ketimbang berayun.

Ditambah lagi, kera selain lebih cerdas juga memiliki kecenderungan untuk menggunakan alat bantu untuk beraktivitas ketimbang monyet. Terakhir, kera hanya terdiri atas beberapa spesies saja, sedangkan monyet tersebar menjadi ratusan spesies berbeda.

Sekilas nampak mirip, padahal sebenarnya mereka itu berbeda. Apakah sebelumnya kamu masih sering salah mengira hewan-hewan di atas sebagai hewan lain? Kalau begitu, setelah melihat artikel ini jangan sampai salah lagi untuk membedakan mereka, ya!