Kategori
Pets

Daftar Hewan Peliharaan Paling Cocok untuk Anak Kos

Daftar Hewan Peliharaan Paling Cocok untuk Anak Kos

Daftar Hewan Peliharaan Paling Cocok untuk Anak Kos – Hewan peliharaan (juga disebut sebagai hewan timangan, atau piaraan) adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia. Hewan timangan berbeda dari hewan ternak, hewan percobaan, hewan pekerja, atau hewan tunggangan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melakukan tugas tertentu.

Hewan peliharaan yang populer biasanya adalah hewan yang memiliki karakter setia pada majikannya atau memiliki penampilan yang menarik, atau kemampuan menarik tertentu seperti mengeluarkan suara yang indah. Kalau kamu baru di kantor atau di kosan, mungkin kamu merasa kesepian karena tidak ada teman mengobrol.

Salah satu yang bisa kamu pertimbangkan adalah Daftar ID Club388 memelihara hewan! Mengeluarkan kocek yang lumayan, anggap saja kamu memelihara kesehatan psikologismu, lho! Peliharaanmu jadi mood booster baru dan kamu jadi memiliki “keluarga” sendiri yang siap menyambutmu dengan kelucuannya.

1. Ikan Hias
Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Kamu sibuk seharian dan hanya menghabiskan waktu untuk tidur di kos? Masuk akal jika kamu tidak dapat memelihara hewan besar. Nah, kalau tertarik, kamu bisa coba memelihara ikan hias. Tinggal beli ikannya, letakkan di akuarium yang sudah kamu dandani jadi aquascape, selesai!

Ingat untuk selalu memantau kebersihan dan kualitas air aquascape agar ikan tetap sehat. Perpaduan ikan hias yang cantik dan aquascape yang syahdu bisa menjadi “obat stres” yang manjur. Kamu bisa memilih ikan hias yang menawan dan mudah dirawat seperti:

  • Tetra
  • Discus
  • Siam algae eater
  • Headstander
  • Livebearer
  • Dwarf Gourami
  • Guppy
  • Cherry barb
  • Tiger barb

Selain ikan hias seperti, kamu juga dapat memadukannya dengan udang air tawar dan udang bambu. Tidak menyerang ikan atau tanaman aquascape, kedua udang ini dapat membersihkan alga dan filter aquascape, sehingga lingkungannya tetap terjaga.

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Membuat aquascape terlalu repot dan memakan biaya belum lagi ditambah beli ikan hiasnya per ekor? Tidak apa-apa. Kamu bisa mempertimbangkan memelihara ikan cupang. Terdengar lucu? Ikan cupang lumayan populer untuk dijadikan ikan peliharaan!

Kelebihan ikan cupang adalah tidak membutuhkan akuarium besar (cukup toples saja!), pakannya cukup murah, dan mudah dirawat. Tetapi, karena sifatnya agresif dan mempertahankan wilayahnya, jangan tempatkan cupang dengan ikan lain, nanti berantem! Jadi, satu cupang untuk satu tempat.

2. Kura-kura
Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Tidak makan tempat, kura-kura dapat kamu pelihara di kos-mu. Perawatan hewan reptil satu ini juga bisa dibilang mudah, tinggal ditempatkan di dalam akuarium yang terkena sinar matahari. Agar mirip dengan habitatnya, tambahkan sedikit air dan batu-batu.

Kamu dapat memberinya makan sebelum pergi beraktivitas dan pulang. Asal tidak kelupaan, kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, kura-kura juga memiliki usia yang relatif panjang, jadi bukan hanya kamu dapat melihatnya tubuh besar, kura-kura juga dapat menemanimu untuk waktu yang amat lama!

3. Hamster
Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Hewan pengerat satu ini populer dijadikan peliharaan. Betul, hamster! Tingkah lucunya saat berlari, makan, tidur, atau berinteraksi dengan hamster lain bisa bikin lupa sama capek! Dengan ukuran kecil, bahkan lebih kecil dari marmut, hamster tidak akan mengganggumu atau makan tempat di kosan.

Selain itu, pakan hamster dan perawatannya bisa dibilang terjangkau, sehingga dompetmu tak akan “menangis”. Tetapi, kamu harus selalu memantau hamster, karena hewan ini suka buang kotoran sembarangan dan baunya bisa bikin muntah. Jadi, jangan lupa bersihkan kandangnya secara rutin.

4. Marmut
Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Sedikit lebih besar dari hamster, marmut/marmot juga dapat kamu pertimbangkan sebagai hewan peliharaan di kos. Mudah dirawat, marmut juga menyukai makanan seperti sayur dan biji-bijian, sehingga kocek tidak kering.

Marmut tergolong hewan yang tidak aktif dan bisa saja tergolong malas karena kerjaannya hanya makan seharian dan sedikit bergerak. Meskipun tidak seaktif hamster, wajahnya yang lugu dan tingkahnya yang unyu membuatmu ingin memeluknya!

5. Landak mini/hedgehog
Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Sedang naik daun di kalangan pecinta hewan dan anak kos, landak mini atau hedgehog dapat kamu gendong di genggamanmu dan wajah serta tingkahnya pun amat menggemaskan. Takut tertusuk durinya seperti landak di alam liar? Landak mini tidak memiliki duri setajam itu, jadi aman untuk dielus!

Eksotis, landak mini di banderol dengan harga yang lumayan menguras kocek. Tetapi, itu hanya maharnya saja! Biaya merawat dan makannya murah, kok. Anggap saja kamu investasi untuk kesehatan pikiranmu, ya