Kategori
Uncategorized

4 Kiat Sukses Berpuasa untuk Penderita Penyakit Jantung

Apakah Orang dengan Penyakit Jantung Boleh Puasa? • Hello Sehat

4 Kiat Sukses Berpuasa untuk Penderita Penyakit Jantung ,Puasa adalah kewajiban setiap umat Islam yang mampu secara fisik dan batin. Namun, bagi orang dengan masalah kesehatan tertentu seperti penyakit jantung (kardiovaskuler), puasa harus penuh pertimbangan; antara manfaat dan efek samping yang mungkin terjadi. Lantas, apa saja hal yang perlu diperhatikan penderita sakit jantung untuk menjalankan puasa? Yuk, lihat panduannya berikut ini..

WEB http://signalherp.com/

Ketentuan puasa untuk penderita sakit jantung

Puasa membuat Anda tidak makan dan minum sekitar 13 jam. Pada pasien penyakit jantung, hal ini bisa mengganggu rutinitas minum obat harian yang diresepkan dokter. Padahal, pasien diwajibkan minum obat secara rutin untuk mencegah kekambuhan gejala penyakit jantung, seperti nyeri dan sesak napas.

TEAM NARA SUMBER http://signalherp.com/

Dokter akan memeriksa kondisi fisik pasien terlebih dahulu. Jika dokter memberikan lampu hijau, penderita penyakit jantung boleh untuk menjalankan puasa.

Dokter biasanya mengizinkan pasien untuk berpuasa, ketika kondisi tubuh pasien stabil dan dosis obat pasien minum pada waktu sahur dan berbuka, yakni 1 atau 2 kali sehari. Lalu, bagaimana dengan pasien yang minum obat 3 kali sehari?

Studi yang dimuat pada Avicenna Journal of Medicine, menyebutkan bahwa dokter akan mengubah formulasi obat menjadi satu kali dosis. Namun, pastikan penyesuaian obat ini aman atau tidak untuk pasien. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk perencanaan obat, sekitar 1 atau 2 bulan sebelum memasuki bulan Ramadan.

Jika penggantian obat sakit jantung, tidak menimbulkan gejala yang mangganggu, puasa aman dilakukan. Sebaliknya, jika pasien mengalami sesak napas, pembengkakan di kaki, atau kelelahan tubuh parah, Anda harus kembali ke pengobatan jantung normal dan puasa lebih baik tidak dilakukan.