Kategori
Pets

Hewan Unik yang Memiliki Janggut

Hewan Unik yang Memiliki Janggut, Termasuk Kadal Lho

Hewan Unik yang Memiliki Janggut – Hampir semua mamalia memiliki jenggot yang tertata rapi dalam baris dan kolom  di pipi mereka. Para ilmuwan telah memperlihatkan bahwa hewan laut seperti anjing laut dapat menggunakan janggut mereka untuk melacak arus air.

Jika kamu ditanya, hewan apa yang berjanggut? Kemungkinan besar yang langsung terlintas di benakmu adalah kambing. Itu memang benar, karena kambing terkenal sebagai hewan yang memiliki janggut. Beberapa jenis kambing bahkan memiliki janggut panjang yang tampak keren, misalnya download aplikasi idnplay terbaru markhor.

Tapi hewan yang memiliki janggut tentu bukan hanya kambing. Hewan berikut ini juga memiliki janggut, dan beberapa di antaranya mungkin sama sekali gak kamu sangka. Ini dia hewan tersebut.

Saki berjanggut

Primata lain yang berpenampilan unik karena berjanggut adalah saki berjanggut. Hewan ini terdiri dari 5 spesies yang tergabung dalam genus Chiropotes, dan semuanya memiliki ciri khas berupa janggut yang lebat dan membulat. Gambar di atas adalah foto salah satu spesies saki berjanggut, yaitu saki berjanggut punggung merah (Chiropotes chiropotes).

Selain janggutnya, penampilan monyet ini juga semakin unik karena rambut di kepalanya yang bergaya seperti belah tengah. Plus, mereka memiliki ekor yang panjang dan berambut lebat pula. Dilansir Britannica, semua spesies saki berjanggut hidup di Amerika Selatan.

Barbet berjanggut

Bahkan burung pun ada yang memiliki janggut, yaitu burung barbet berjanggut (Lybius dubius). Selain memiliki janggut, penampilan burung asal Afrika ini unik dengan leher pendek, kepala besar, dan ekor yang relatif pendek. Mereka adalah pemakan buah dan merupakan hewan yang berperan penting dalam persebaran biji-bijian.

Tamarin kaisar berjanggut

Tamarin kaisar berjanggut (Saguinus imperator subgrisescens) adalah subspesies dari tamarin kaisar, jenis primata unik yang hidup di Hutan Amazon. Sesuai namanya, tamarin ini memiliki janggut berwarna putih di dagunya. Mereka berbeda dengan subspesies tamarin kaisar yang satu lagi, yaitu tamarin kaisar berdagu hitam yang tidak memiliki janggut.

Tamarin ini berukuran panjang tubuh sekitar 25 cm ditambah ekor kira-kira 37 cm. Seperti bisa kamu lihat di gambar, yang lebih menonjol dari tamarin ini sebenarnya bukan janggutnya, tapi kumisnya. Konon, nama tamarin kaisar diberikan pada mereka karena kumisnya mirip dengan kumis Kaisar Willem II, kaisar Jerman pada tahun 1888-1918.

Babi berjanggut

Tak hanya primata, babi pun ada yang berjanggut. Babi berjanggut terdiri dari 2 spesies, yaitu babi berjanggut kalimantan (Sus barbatus) dan babi berjanggut palawan (Sus ahoenobarbus). Kedua jenis babi tersebut memiliki ciri berupa rambut lebat di atas moncong serta dagunya.

Babi berjanggut memiliki ukuran yang cukup besar. Panjangnya sekitar 1,6 meter dan berat hingga 150 kg. Namun menurut laman Animal Diversity sebenarnya mereka memiliki perawakan yang paling langsing di antara semua spesies babi. Oleh penduduk lokal, babi berjanggut sering dijadikan sumber makanan karena cukup mudah diburu.

Naga berjanggut

Terakhir, ada naga berjanggut, sejenis kadal yang tergabung dalam genus Pogona dan terdiri dari sekitar delapan spesies. Tak seperti hewan-hewan yang kita bahas tadi, kadal ini sebenarnya tidak memiliki janggut berupa rambut. Tapi mereka disebut naga berjanggut karena memiliki duri-duri kecil di dagunya yang seperti janggut.

Dilansir National Geographic, naga berjanggut terdistribusi di sebagian besar wilayah Australia. Meski disebut naga, kadal ini sebenarnya lembut dan bahkan sering dijadikan hewan peliharaan. Namun naga berjanggut jantan khususnya bisa bersikap agresif terhadap sesama pejantan karena mereka termasuk hewan yang teritorial.

Itulah hewan unik selain kambing yang memiliki janggut. Kalau menurutmu, yang mana yang penampilannya paling unik?