Kategori
Pets

Cara Memelihara Lobster Air Tawar

Cara Memelihara Lobster Air Tawar

Cara Memelihara Lobster Air Tawar – Kalau lobster merupakan satu di antara olahan makanan dari laut yang mempunyai citarasa yang tinggi. Itu sebabnya, lobster merupakan satu di antara seafood yang memiliki harga yang sangat tinggi. Kebayang kan? Kalau makan makanan laut dengan menu lobster, pasti Anda merogoh kocek lebih dalam lagi untuk bisa makan dengan menu lobster.

Namun, walaupun harga makanan ini tidak murah, tapi tetap saja banyak penggemar makanan laut yang memilih menu makanan lobster sebagai menu makanan mereka di restoran seafood. Hingga terbukti kalau pasokan lobster lebih sedikit dibandingkan permintaan pelanggan restoran.

Cara memelihara lobster air tawar di aquarium – Selama ini kita mengenal lobster adalah hewan laut yang kerap dikonsumsi, bahkan harganya cukup mahal di restoran-restoran. Tapi ternyata, lobster juga bisa dijadikan sebagai penghias aquarium.

Saat ini, budidaya lobster telah berkembang di mana-mana, sehingga lobster pun sudah gampang ditemui di toko-toko ikan hias manapun.

Tak hanya air laut, lobster air tawar pun kini mulai berkembang dan banyak aquarist yang memelihara hewan bercangkang ini di akuariumnya.

Syarat Hidup

Umumnya, lobster air tawar ini memerlukan lahan atau kolam yang cukup lebar. Selain itu, lobster air tawar ini juga sangat toleran dengan oksigen yang rendah. Ya, walaupun demikian, hidup dengan cara seperti itu sangat minim lobster untuk hidup dan berkembang biak dengan baik.

Pedoman oksigen yang dapat digunakan oleh lobster air tawar ini sekitar 4 ppm. Bukan hanya pada oksigen, Anda juga perlu memperhatikan suhu udara yang ada di kolam tersebut. Lobster air tawar ini sangat cocok hidup di kolam yang bersuhu 25 – 29° C. Untuk tingkat keasaman air, lobster air tawar ini sangat cocok dengan air yang memiliki keasaman sekitar  7 – 9 pH. Maka dari itu, Anda akan susah menjumpai lobster air tawar yang perairannya memiliki keasaman di bawah 7 pH.

Lobster air tawar ini juga memerlukan perairan yang memiliki kandungan kapur sedang sampai tinggi. Hal ini diperlukan karena untuk menjaga kadar kalsium sebagai pembentukan cangkang lobster air tawar.

Media Lobster Air Tawar

Sebenarnya tidak ada patokan untuk media lobster air tawar. Dengan demikian, maka media yang digunakan lobster air tawar ini sangatlah bervariasi. Ya, walaupun pada umumnya lobster air tawar ini sering dibudidaya secara ekstensif dalam kolam tanah.

Ketika Anda menggunakan media kolam tanah, Anda cukup meletakan indukan dalam kolam yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Dan untuk lobster air tawar yang ukurannya sudah sesuai dengan komersil pasaran, Anda bisa menjualnya. Sedangkan sisanya, Anda bisa meletakkan kembali ke kolam tanah tersebut.

Proses Pembenihan

Sebelum memulai cara budidaya lobster air tawar, anda harus memilih benih yang bagus. Dalam proses pembenihan ini, Anda perlu membedakan antara indukan yang jantan dengan indukan yang betina. Cara membedakannya cukup mudah. Anda pun bisa melakukannya secara visual atau dilihat.

Memilih Induk

Jika Anda mencari induk lobster, carilah induk lobster air tawar yang ukurannya di atas 4 inci atau sekitar 10cm. Umumnya, mereka yang berusia 5 sampai 6 bulan. Karena, lobster pada masa ini akan memiliki telur yang cukup banyak dalam proses pembuahannya. Nah, berikut ini adalah tips memilih calon indukan lobster air tawar yang berkualitas agar Anda tidak tertipu ketika hendak membeli indukan lobster.