Kategori
Pets

Spesies Burung Mudah Dipelihara yang Cocok untuk Pemula

Spesies Burung Mudah Dipelihara yang Cocok untuk Pemula

Spesies Burung Mudah Dipelihara yang Cocok untuk Pemula – Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx.

Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil dan dapat mengepakkan sayap dengan sangat cepat, penguin yang menyelam dengan sayapnya, hingga burung unta, yang lebih tinggi dari manusia. Burung adalah hewan peliharaan yang cukup populer. Bulunya yang indah, suaranya yang merdu, dan kecerdasannya telah memukau banyak orang.

Banyak burung berukuran besar yang bisa hidup belasan hingga puluhan tahun, tetapi mereka cenderung berisik dan high maintenance. Sementara, burung berukuran kecil lebih mudah dirawat, tidak memerlukan tempat Daftar Akun IDNPlay yang luas, dan jarang menimbulkan kekacauan.

1. Merpati
7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Melansir laman The Spruce Pets, merpati adalah burung lembut yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menyendiri, tetapi juga senang berinteraksi dengan pemiliknya. Merpati cenderung pendiam dan tidak menuntut untuk diperhatikan.

Karena mereka bergerak dengan terbang bolak-balik, merpati membutuhkan kandang yang lebar. Berikan kayu untuk tempatnya bertengger. Sesekali perlu dimandikan dan jemurlah di bawah sinar matahari untuk mencegahnya dari kekurangan vitamin D.

Makanannya beragam, mulai dari biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan, dan sesekali berikan serangga, siput, atau cacing tanah. Jika dirawat dengan benar, mereka bisa hidup hingga usia sepuluh tahun.

2. Lovebird
7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Lovebird adalah burung yang cerdas dan penyayang. Beo kecil ini mempunyai paruh besar, bulu yang colorful, dan ekor bulat. Lebih baik pelihara langsung sepasang (jantan-betina) agar tidak kesepian.

Karena termasuk burung yang aktif, siapkan kandang yang agak besar. Jangan lupa sertakan tempat bertengger, wadah makan dan minum, dan area untuk mandi.

Makanannya adalah biji-bijian, buah-buahan (apel, pisang, pir, anggur, dan kiwi), sayuran hijau (bayam, selada air, dan peterseli), hingga jagung rebus. Asupan protein bisa dipenuhi dari kacang-kacangan, seperti hazelnut, kenari, chestnut, dan kacang Brazil.

Dedikasikan beberapa jam dalam sehari untuk berinteraksi dengan lovebird kesayanganmu. Umumnya, rata-rata masa hidup mereka adalah 10-12 tahun, tetapi ada lovebird yang bisa bertahan hingga usia 17 tahun!

3. Finch (pipit)
7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Sebagian besar burung finch lebih suka bersosialisasi dengan sesamanya daripada dengan manusia. Mereka tidak perlu waktu bermain di luar kandang, sehingga kita cukup menyediakan makanan, air, dan rutin membersihkan kandangnya.

Meski mungil, finch memerlukan tempat tinggal yang luas. Laman Lafeber menyarankan untuk menempatkan burung ini di kandang horizontal (bukan vertikal). Jika memelihara sepasang finch, sediakan keranjang anyaman kecil sebagai tempatnya bersarang.

Apa makanan utama burung finch? Berikan 60-70 persen pelet khusus, lalu padukan dengan biji-bijian, sayuran segar, dan buah-buahan. Hindari pemberian buah alpukat dan ganti air minumnya setiap hari, laman Petco mengingatkan.

4. Kesturi
7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Berasal dari Australia, burung ini memiliki nama internasional ‘budgerigars‘. Burung ini mempunyai kepribadian yang ramah, menyenangkan, suka bersosialisasi dengan manusia, dan selalu ingin tahu.

Karena kesturi suka berada dalam kawanan, disarankan untuk memelihara minimal dua ekor atau lebih. Yang menarik, burung pejantan memiliki kemampuan meniru ucapan manusia. Sebagai pembelajar yang cepat, burung ini bisa mengucapkan kata atau frasa sederhana.

Kesturi membutuhkan makanan yang bervariasi, mencakup pelet yang diformulasikan khusus, sayuran segar, buah-buahan, dan biji rumput (grass seeds). Bila dirawat dengan baik, mereka bisa hidup 6-12 tahun. Let’s adopt them!

5. Cockatiel
7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Berkat ukurannya yang kecil, perawatan dan penjinakan cockatiel lebih mudah daripada spesies burung beo lain. Burung endemik asal Australia ini bisa bersiul dan menirukan ucapan, walau kata-katanya sulit dimengerti.

Jangan biarkan cockatiel berada di dalam kandang sepanjang waktu karena ia akan stres. Setidaknya, biarkan ia bermain di luar kandang beberapa jam dalam sehari, laman The Spruce Pets menganjurkan.

Supaya cockatiel milikmu berumur panjang, perhatikan makanannya. Berikan biji-bijian tidak lebih dari 30 persen karena tinggi lemak. Jadikan pelet sebagai makanan utama, lalu kombinasikan dengan buah, sayur, dan protein dari telur rebus, kacang-kacangan, atau daging matang.

6. Murai batu
7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Ini adalah salah satu burung yang populer di Indonesia. Bernama latin Copsychus malabaricus, burung pengicau ini habitat aslinya di Asia Tenggara dan Selatan. Spesifiknya, tersebar di India, Nepal, Sri Lanka, hingga Indonesia.

Sebagai burung sangkar, murai batu termasuk low maintenance. Makanannya mudah ditemukan, seperti buah, serangga, dan cacing tanah. Cukup berbeda dengan burung-burung sebelumnya yang rata-rata merupakan pemakan biji-bijian.

Murai batu memiliki kicauan yang merdu, mengeluarkan nada seperti peluit atau seruling, dan terkadang menirukan suara burung lain. Jika dipelihara dengan baik, burung ini bisa bertahan hingga usia tujuh tahun.

7. Kenari
7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Dan yang terakhir ada burung kenari yang identik dengan bulu berwarna kuning cerah. Burung ini tidak rewel, cukup penuhi kebutuhan dasarnya seperti kandang yang bersih, makanan dan minuman yang selalu tersedia, serta mainan agar ia tak bosan berada di dalam sangkar.

Burung kenari mempunyai sifat yang ceria, manis, dan menyenangkan. Pejantan memiliki kicauan yang merdu dan nyaring, sementara betina cenderung kalem, ujar laman Be Chewy.

Pastikan untuk memberinya pelet khusus yang di perkaya vitamin dan mineral. Lengkapi dengan sayuran segar seperti wortel, sawi, gambas, dan jagung manis. Tambahkan telur rebus untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.