Kategori
Pets

Jangan Lupa Mempertimbangkan Hal Ini Jika Ingin Memelihara Binatang

Jangan Lupa Mempertimbangkan Hal Ini Jika Ingin Memelihara Binatang

Jangan Lupa Mempertimbangkan Hal Ini Jika Ingin Memelihara Binatang – Cara merawat binatang peliharaan sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Sebagian besar orang memiliki keinginan untuk memelihara hewan tertentu namun masih mempertimbangkan beberapa hal untuk melakukan perawatan yang dianggap merepotkan.

Punya binatang peliharaan sepertinya memang menyenangkan ya? Selain tingkah mereka yang lucu, kamu juga jadi gak kesepian. Namun ternyata, alasan seperti ini belum layak lho, untukmu segera memutuskan memelihara binatang.

Alasan demikian masih terlalu egois dan bisa berujung buruk untuk binatang itu sendiri. Nah, untuk mematangkan keputusanmu memelihara binatang, sebaiknya kamu mempertimbangkan hal IDN Poker Deposit Pulsa Tanpa Potongan berikut ini terlebih dahulu:

1. Pastikan kamu gak punya alergi
Ingin Memelihara Binatang? Jangan Lupa Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Kalau kamu ada alergi binatang, tentu akan menyulitkanmu untuk merawat binatang peliharaanmu. Jangankan merawatnya sendiri, berdekatan saja sudah bikin alergimu muncul.

Kan, kamu juga jadi sulit bermain dengannya. Perlu diwaspadai juga tingkat keparahan alergimu. Jangan sampai kamu sendiri menderita, binatang kesayanganmu juga telantar.

2. Pastikan memelihara binatang diizinkan di lingkungan tempat tinggalmu 
Ingin Memelihara Binatang? Jangan Lupa Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Terutama buat kamu yang gak tinggal di rumah pribadi. Misal, anak kos atau mengontrak. Bertanyalah dahulu pada pemilik kos atau kontrakan. Apakah memelihara binatang diizinkan?

Jika diizinkan, binatang apa saja yang boleh dipelihara? Biar kamu gak salah mengira semua binatang boleh, termasuk yang cukup berbahaya. Kamu juga harus bertenggang rasa pada teman kos. Siapa tahu ada yang fobia binatang, kan?

3. Pastikan kamu punya sarana dan prasarana yang memadai untuk memelihara binatang 
Ingin Memelihara Binatang? Jangan Lupa Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Misal, soal kandang dan tempat pembuangan kotorannya. Kalau kandangnya cuma asal-asalan, tentu kasihan binatangnya. Seperti kekecilan atau gak punya atap yang layak untuk melindunginya dari panas matahari dan hujan.

Begitu juga soal pembuangan kotorannya. Jangan sampai saat kamu bersih-bersih kandang, tetanggamu sangat terganggu oleh bau tak sedap. Lingkungan tempat tinggal pun jadi tercemar, jorok. Selain bikin gak nyaman orang, juga bisa jadi sumber penyakit, kan?

4. Pastikan kamu bisa memberinya makanan dan perawatan yang tepat 
Ingin Memelihara Binatang? Jangan Lupa Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Kalau sudah berniat memelihara binatang, pastikan kamu juga sudah memperhitungkan biaya perawatannya ya! Makin baik perawatannya, tentu biaya makin banyak. Pastikan penghasilanmu cukup dan gak mengganggu pemenuhan kebutuhanmu.

Makanannya jangan sembarangan. Apalagi asal memberinya makanan sisa di rumahmu. Gak semua jenis makanan manusia bisa dimakan binatang. Berhemat boleh, tetapi jangan jadi jahat sekalipun sama binatang. Mereka juga ciptaan Tuhan, kan?

5. Pastikan kamu punya waktu dan kesabaran untuk melatih serta mengajaknya bermain
Ingin Memelihara Binatang? Jangan Lupa Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Misal, melatih binatang membuang kotoran di tempat yang sudah disediakan. Ini butuh kesabaran, lho. Kalau gak, baik binatangnya maupun kamu sendiri pasti akan stres. Juga, melatih binatang agar lebih jinak.

Misalnya, kamu memelihara anjing. Jangan sampai orang yang akan bertamu ke rumahmu menjadi takut karena anjingmu galak sekali. Sebagai tuannya, mungkin dia jinak padamu. Namun belum tentu pada orang lain.

Selain itu, kamu juga perlu mengajak bermain binatang peliharaanmu. Biar kalian lebih saling memahami. Mungkin juga mengajaknya jalan-jalan. Jangan cuma di kurung terus dalam kandang.

Memelihara binatang sering di anggap perkara yang sepele. Gak heran kalau berujung penelantaran atau di kemudian hari binatang itu atau anaknya di buang begitu saja.