Kategori
Pets

Hewan Ini Ternyata Kanibal

Bikin Bergidik Ngeri, Hewan Ini Ternyata Kanibal

Hewan Ini Ternyata Kanibal – Tak ada yang bisa menghalau imutnya binatang lucu. Hanya dengan tingkah lucu dari anak anjing yang sedang mengoceh atau kucing yang berlari-lari mengejar kupu-kupu, hati terdingin pun akan leleh dibuatnya. Kanibalisme adalah tindakan memakan individu lain dari spesies yang sama.

Sifat kanibal tidak hanya ditemui pada manusia, tetapi juga pada Sbobet Deposit Pulsa 10000 hewan. Tercatat, ada lebih dari 1.500 spesies hewan yang mempraktikkan kanibalisme. Hewan apa saja yang dimaksud? Dan apa alasan hewan-hewan tersebut melakukan kanibalisme? Let’s find the answer!

Laba-laba

Mungkin kamu sudah pernah mendengar kalau laba-laba adalah hewan kanibal. Tepatnya, laba-laba betina akan memakan laba-laba jantan setelah mereka kawin. Tidak mudah bagi laba-laba jantan untuk melarikan diri karena ukuran laba-laba betina 90 persen lebih besar!

Mengacu pada studi yang berjudul “Males Can Benefit from Sexual Cannibalism Facilitated by Self-Sacrifice” yang dipublikasikan di Current Biology pada tahun 2016, laba-laba betina yang memakan pasangan kawinnya cenderung berukuran 20 persen lebih besar dan bertahan hidup 50 persen lebih lama.

Kuda Nil

Hewan seberat 1,5 ton asal Afrika ini adalah herbivora. Setidaknya, kuda Nil perlu makan 40 kilogram rumput setiap hari untuk bertahan hidup, dilansir laman Science Focus.

Namun, seiring meningkatnya kekeringan dan populasi manusia, kuda Nil semakin sulit untuk mencari makan. Ketika makanan sulit didapat, mereka akan memakan apa pun yang ditemukan, tak terkecuali spesies mereka sendiri.

Hal ini dibuktikan dalam makalah ilmiah berjudul “New Record of Cannibalism in the Common Hippo, Hippopotamus amphibius” yang diterbitkan di African Journal of Ecology pada tahun 2015. Kuda Nil yang ada di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan ini terlihat memakan bangkai kuda Nil lain.

Belalang sembah

Selain laba-laba, belalang sembah juga memakan pasangan kawinnya. Untuk mengetahui mengapa kanibalisme ini terjadi, William Brown dari State University of New York dan Katherine Barry dari Macquarie University menulis makalah yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Ternyata, belalang betina yang memakan pasangannya mengalami peningkatan jumlah telur. Nutrisi ini berguna bagi calon anak-anaknya kelak. Dan di alam liar, 13-28 persen belalang sembah jantan dimakan oleh betina setelah kawin.

Nah, itulah sekelompok hewan yang ternyata kanibal. Semakin dipelajari, semakin menarik, ya?