Kategori
Pets

Fakta Gigi Hewan Ini Akan Mengejutkanmu

Tak Diduga, Fakta Gigi Hewan Ini Akan Mengejutkanmu

Fakta Gigi Hewan Ini Akan Mengejutkanmu – Tahukah Anda berapa banyak gigi yang akan Anda miliki seumur hidup? Hewan mana yang paling mirip dengan gigi Anda? Dan tahukah Anda apa bahan sikat gigi pertama?

Secara umum, IDNPlay Deposit Pulsa 10000 fungsi gigi adalah untuk memotong dan menghancurkan makanan supaya mudah untuk ditelan dan dicerna. Manusia mempunyai 32 gigi yang terdiri dari gigi seri, taring, premolar, dan geraham yang memiliki fungsi masing-masing. Tetapi, bagaimana dengan gigi hewan?

Ternyata, gigi hewan mempunyai ukuran, bentuk, jumlah, dan fungsi yang unik. Bahkan, ada yang digunakan sebagai alat proteksi diri. Mau tahu, hewan apa sajakah itu?

Siput

Tak disangka, hewan sekecil ini punya jumlah gigi yang fantastis. Siput taman memiliki sekitar 14.000 gigi berukuran mikroskopis, sementara spesies lain mempunyai lebih dari 20.000 gigi. FYI, gigi siput tersusun dalam barisan di lidahnya.

Anehnya, gigi siput tidak digunakan untuk mengunyah. Melainkan untuk mengiris makanan, lalu menyobeknya saat melewati lidah, laman Jungle Roots menjelaskan.

Yang lebih mengejutkan, gigi siput air (disebut sebagai limpet) adalah bahan biologis terkuat di bumi! Bahkan, mengalahkan kekuatan titanium. Sulit dipercayai, tetapi ini nyata.

Narwhal

Percayakah kamu kalau tanduk narwhal sebenarnya adalah gigi? Ini ditegaskan lewat nama ilmiahnya, yakni Monodon monoceros, yang dalam bahasa Yunani berarti “satu gigi satu tanduk”. Tanduknya bisa tumbuh hingga 8 kaki atau 2,4 meter.

Umumnya, tanduk ini dimiliki oleh narwhal jantan. Tetapi, kadang betina pun memilikinya. Ilmuwan pun menduga-duga kegunaan tanduknya. Ada yang bilang untuk mendeteksi suara, mengatur suhu, atau menangkis predator. Manakah yang benar?

Tetapi, menurut studi berjudul “Sensory Ability in the Narwhal Tooth Organ System” yang dipublikasikan di The Anatomical Record pada tahun 2014, tanduk ini adalah organ yang sensitif dan berfungsi untuk merasakan perubahan salinitas air.

Kuda

Bagaimana cara menebak usia kuda? Caranya adalah dengan melihat gusinya. Semakin bertambahnya usia, gusi kuda menyusut dan memperlihatkan gigi mereka.

Trivia menarik lainnya adalah kuda tidak merasakan nyeri saraf saat giginya dicabut. Mengapa? Ini karena letak sarafnya berakhir di dekat garis gusi, jelas laman I Heart Horses.

Hampir mirip dengan hewan pengerat, gigi kuda terus tumbuh sepanjang hidupnya. Bedanya, gigi kuda tidak tumbuh secepat hewan pengerat dan mereka tidak mengunyah benda-benda keras untuk mengikis giginya.

Paus biru

Hewan terbesar di dunia ini justru tidak memiliki gigi! Ini pengaruh dari makanan utamanya, sejenis udang kecil yang disebut krill.

Untuk menangkap krill, paus biru menggunakan filter seperti bulu yang bernama baleen. Fungsinya untuk menyisir atau menyaring makanan sekaligus air. Lalu, paus biru akan membuang airnya.

Dilansir dari website resmi University of California, Santa Barbara, paus biru memiliki 270-395 baleen di kedua sisi rahang mereka. Baleen terlihat seperti gigi yang tipis, panjang, dan berwarna kekuningan.

Hiu

Kamu mengira gigi hiu kuat? Ternyata, tidak terlalu. Gigi hiu justru mudah rontok karena tidak memiliki akar. Beberapa jenis hiu bisa kehilangan banyak giginya dalam waktu singkat. Tetapi, gigi yang hilang bisa diganti dengan yang baru dengan mudah.

Salah satu hiu dengan jumlah gigi terbanyak adalah hiu banteng. Tak tanggung-tanggung, hiu ini memiliki 350 gigi pada satu waktu! Saat masih di dalam kandungan pun hiu sudah mempunyai gigi dan digunakan untuk memakan saudaranya sendiri.

Kelinci, tupai, dan hewan pengerat lain

Apa yang menakjubkan dari gigi kelinci, tupai, dan hewan pengerat lain? Gigi mereka tidak pernah berhenti tumbuh! Tepatnya, sepasang gigi atas dan bawah yang tidak memiliki akar dan tidak berhenti tumbuh.

Untuk mencegah giginya tumbuh, hewan pengerat sering menggertakkan gigi. Caranya melakukan ini mirip seperti menggunakan batu asah untuk mengasah pisau.

Selain menggertakkan gigi, cara lain untuk menghentikan pertumbuhan gigi adalah dengan mengunyah makanan keras, seperti kacang-kacangan dan kulit kayu.

Kuda Nil

Kuda Nil memang herbivora dan suka berendam di air seharian. Walau terlihat seperti hewan yang malas, jangan meremehkan mereka. Giginya sangat besar, kuat, dan gigitannya bisa menyebabkan cedera serius. Jangan coba-coba mendekat jika masih ingin selamat!

Beberapa giginya sangat tajam dan bisa tumbuh hingga 51 cm. Kuda Nil juga bisa membuka mulutnya lebar-lebar hingga 150 derajat. Kuda Nil menunjukkan mulut dan gigi yang kuat setiap kali merasa terancam, seperti memasuki teritori mereka atau berada terlalu dekat dengan anak-anaknya.

Kuda Nil tak segan bertarung dengan siapa saja, bahkan dengan manusia sekalipun. Menurut laman Tampa Bay Times, kuda Nil menewaskan 500 orang per tahun di Afrika.

Jerapah

Coba kamu perhatikan baik-baik. Kamu akan menyadari bahwa jerapah tidak punya gigi depan atas! Jumlah giginya sama seperti manusia, yakni 32 gigi. Namun, kebanyakan giginya terletak di bagian belakang mulut.

Lantas, bagaimana cara jerapah makan? Mereka akan menggunakan bibir dan lidahnya yang panjang untuk menggapai daun dan ranting. Lalu, makanannya akan digiling dengan gigi belakang.

Lumba-lumba

Kamu bisa menebak usia lumba-lumba dari giginya. Gigi lumba-lumba memiliki cincin yang menunjukkan usia mereka. Mirip dengan pohon, di mana kita bisa mengetahui usianya dari lingkaran atau cincin yang ada di batang pohon.

Walau giginya permanen, tetapi tidak digunakan untuk mengunyah, lho! Mengapa? Lumba-lumba menelan makanannya utuh karena mereka tidak punya otot di rahang.

Ternyata, giginya dipakai untuk mengoyak mangsa! Contohnya seperti lumba-lumba hidung botol. Mereka punya 80-100 gigi yang digunakan untuk meraih, menggenggam, dan mengamankan mangsanya.

Nah, itulah gigi hewan yang paling unik dengan fungsinya masing-masing. Semoga bisa menambah wawasan, ya!