Kategori
Pets

Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula – Sugar Glider (Wupih sirsik )adalah sejenis hewan posum meluncur kecil, yang memiliki perilaku omnivora, arboreal, dan nokturnal serta termasuk dalam infrakelas Marsupialia. Nama umum bahasa Inggrisnya mengacu pada pilihan hewan ini untuk memakan nektar manis, dan kemampuannya untuk meluncur di udara, seperti bajing terbang.

Selain kucing dan anjing, ada beberapa hewan eksotik yang sering dijadikan sebagai binatang peliharaan. Salah satunya adalah sugar glider. Hewan yang masuk jenis posum ini memiliki ukuran yang kecil dengan penampilan yang lucu dan menggemaskan. Tak heran bila banyak yang tertarik menjadikan hewan kecil ini sebagai binatang peliharaan.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk memelihara sugar glider. Salah satunya adalah memahami beberapa tips Aplikasi IDNPlay Poker atau cara merawat sugar glider yang benar. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mengenal dan memahami karakteristik sugar glider
5 Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Step satu ini menjadi langkah penting bagi kamu yang berniat untuk memelihara sugar glider. Pengetahuan yang cukup soal sugar glider akan membuatmu mudah dalam memelihara serta membesarkan hewan mungil ini.

Kamu bisa mencari beragam informasi seputar sugar glider di internet, mulai dari perawatan rutin, makanan, perilaku, dan kebutuhan apa saja yang diperlukan. Step ini juga bisa menjadi satu pertimbangan apakah kamu memang mampu merawat sugar glider atau tidak.

2. Siapkan kandang yang tepat dan nyaman
5 Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Sugar glider tentu membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Belilah atau buat sendiri kandang sugar glider dengan ukuran yang sesuai dan tidak terlalu kecil. Pilih kandang yang terbuat dari jeruji dengan ukuran yang cukup tinggi agar sugar glider leluasa memanjat dan meluncur di udara.

Pastikan juga kandang selalu bersih. Hindari menaruh kandang sugar glider di tempat yang terpapar sinar matahari atau berdekatan dengan kandang hewan peliharaan lain seperti anjing atau kucing untuk mencegah mereka menjadi stress.

3. Rutin periksakan sugar glider ke dokter hewan
5 Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Sama seperti hewan peliharaan lain, sugar glider juga berpotensi untuk sakit. Penyakit yang bisa diidap hewan kecil ini juga beragam, seperti stress, kekurangan kalsium, gangguan pencernaan, obesitas, hingga terkena parasit seperti kutu.

Untuk itulah penting untuk memeriksakan kondisi sugar glider ke dokter spesialis hewan. Akan jauh lebih baik lagi bila dokter yang kamu datangi memang spesialisasi dan ahli menangani hewan eksotis seperti sugar glider.

4. Pilih makanan yang tepat agar sugar glider tetap sehat
5 Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Pemilihan makanan untuk sugar glider tidak boleh sembarangan. Sebagai hewan omnivora, sugar glider memang bisa makan apa saja. Namun, perlu diingat untuk tetap menjaga nutrisi makanan agar peliharaanmu tetap sehat. Di alam bebas, hewan ini memakan getah pohon, nektar, buah-buahan, dan serangga.

Sebaiknya hindari memberi makan sugar glider menggunakan makanan anjing atau kucing karena perbedaan nutrisi yang tidak diperuntukkan untuk hewan ini. Jangan pula memberikan sugar glider gula, permen, atau cokelat karena berbahaya bagi kesehatannya. Terakhir, sediakan pula air sebagai sumber mineral agar sugar glider tidak dehidrasi.

5. Berkonsultasi dengan pemilik sugar glider lainnya
5 Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Cobalah untuk bergabung pada komunitas pecinta sugar glider. Bersosialisasi dengan sesama penyuka hewan ini bisa membuatmu lebih mudah untuk meminta saran, pendapat, atau pertanyaan mengenai sugar glider. Mereka yang sudah berpengalaman pasti bisa membantu saat kamu memiliki masalah selama memelihara sugar glider.